7 Makanan Penambah Imun Buat Penderita Diabetes

Di tengah peningkatan masalah Covid-19 ini, mempunyai sistem imun yg bertenaga merupakan hal yg sangat krusial. Hal ini khususnya perlu buat penderita diabetes. Diabetes merupakan galat satu syarat kronis yang bisa memengaruhi sistem imun, atau melemahkan daya tahan tubuh. 

Jadi, Diabestfriends perlu menjalani gaya hayati sehat yg bisa mendukung sistem imun, misalnya olahraga rutin, tidur yg cukup, dan mengurangi stres. Cara lain menaikkan sistem imun adalah mengonsumsi kuliner penambah imun buat penderita diabetes!

7 Makanan Penambah Imun buat Penderita Diabetes

Berikut sejumlah makanan penambah imun untuk penderita diabetes, agar permanen fit di tengah masa pandemi Covid-19:

Vitamin C dikenal dengan khasiatnya buat menaikkan produksi sel darah putih, & sel darah putih dibutuhkan buat melawan infeksi. Buah-buahan seperti jeruk bali, jeruk, lemon, & jeruk nipis merupakan asal vitamin C yg baik.

Jadi, Diabestfriends bisa mengonsumsi jeruk menjadi sumber makanan penambah imun buat penderita diabetes. Tetapi, hindari mengonsumsinya pada bentuk juz ya, karena bisa menaikkan gula darah. 

Banyak kuliner fermentasi, misalnya yogurt, kimchi, dan tempe, yang mengandung bakteri baik yg aktif. Bakteri-bakteri ini sanggup membantu melindungi tubuh berdasarkan infeksi. Bahkan bakteri baik mendukung 75% menurut sistem imun tubuh kita. Oleh sebab itu, makanan fermentasi termasuk kuliner penambah imun buat penderita diabetes. Jadi, coba biasakan mengonsumsi makanan fermentasi setiap hari, ya. 

3. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Vitamin E adalah nutrisi lain yg penting buat mendukung sistem imun. Kacang-kacangan & biji-bijian misalnya kacang almond, kacang merah, dan lainnya, merupakan sumber vitamin E yg jua mengandung lemak sehat, sehingga baik buat gula darah.

Siapa sih yang gak senang sup ayam? Selain enak, sup ayam jua menyehatkan, lho. Ayam tinggi kandungan vitamin B6, yang penting pada menghasilkan antibodi & reaksi kimia lain pada dalam tubuh yg menaikkan respon imun.

Pastikan Diabestfriends memakai kaldu ayam buatan sendiri ketika membuat sup ayam. Kaldu buatan sendiri yang terbuat dari rebusan tulang ayam mengandung nutrisi yang bisa menaikkan kesehatan usus & sistem imun.

Selain lezatdiminum waktu sedang sakit tenggorokan, teh hangat jua mengandung poly nutrisi yg bisa menaikkan sistem imun. Baik teh hitam, teh hijau, ataupun jenis teh lainnya, semuanya mengandung flavonoid, yaitu antioksidan kuat yang sanggup melawan radikal bebas di pada tubuh. Teh jahe juga pilihan yang baik lantaran jahe bisa menurunkan inflamasi dan kadar gula darah. 

6. Bawang Putih & Bawang Bombay

Bawang putih & bawang bombay gak cuma baik buat menambah cita rasa kuliner, akan tetapi juga kaya antioksidan yg mampu melawan virus & bakteri. Selain itu, bawang putih dan bawang bombay pula mengandung senyawa yang mendukung sistem detoksifikasi tubuh secara alami. Jadi, bawang putih & bawang bombay sangat baik dijadikan pilihan kuliner penambah imun buat penderita diabetes.

Paprika merupakan kuliner sumber vitamin C lain yang mampu membantu membasmi radikal bebas dari tubuh. Satu cangkir rabat paprika saja mengandung 130% dari rekomendasi harian asupan vitamin C.

Selain itu, lantaran paprika tergolong sayuran non-tepung, dampaknya terhadap kadar gula darah cukup minim. Jadi, paprika adalah pilihan baik makanan penambah imun buat penderita diabetes.

Referensi:WebMD. Immune-Boosting Foods for Diabetes. Januari 2021.Healthline. Diabetes Still Isn’t Easy: Immune-Boosting Foods to Fight Colds and Flu. Oktober 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *