7 Nutrisi Untuk Imun Bayi, Kuatkan Daya Tahan Tubuhnya!

Sistem imunitas bayi belum matang paripurna hingga usia kurang lebih 5 tahun. Sehingga sangat penting memberikan nutrisi buat imun bayi, agar sistem imunitasnya berfungsi menggunakan baik & menjaganya tetap sehat.

American Academy of Pediatrics, merekomendasikan pemberianMPASI bayi sekitar usia enam bulan dengan memberikannya beragam makanan sehat.

“Kacang hijau, wortel, stroberi, jeruk; seluruh ini mengandung karoten yg merupakan fitonutrien menjadi penambah kekebalan,” menurut William Sears, M.D., penulis The Family Nutrition Book.

Di mana Fitronutrien bisa menaikkan produksi sel darah putih & interferon tubuh pada melawan infeksi, suatu antibodi yang melapisi permukaan sel, menghalangi virus.7 Nutrisi buat Imun Bayi

Berikut ini beberapa nutrisi buat imun bayi yg usahakan masuk dalam daftar hidangan MPASI selanjutnya.1. Zat Besi

Foto: Stela Di – Pixabay.com

Salah satu nutrisi buat imun bayi adalah zat besi yang bermanfaat buat membawa oksigen ke kurang lebih tubuh guna membantu melawan infeksi.

“Nutrisi hebat ini akan menaikkan sistem imun tubuh bayi dalam melawan kuman,” ungkap pakar gizi, Sara Patience, seperti dikutip berdasarkan motherandbaby.co.uk.

Menurut data dalam page website IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) yang ditulis dr. Cut Nurul Hafifah Sp.A, bayi berusia 6 – 12 bulan membutuhkan zat besi sebesar 11 mg per hari, sedangkan batita (anak 1-tiga tahun) membutuhkan zat besi sekitar 7 mg per hari.

Stok zat besi yg dimiliki bayi ketika lahir hanya bertahan enam bulan & selanjutnya tubuh tidak dapat membentuk zat besi kembali.

Sehingga bayi perlu mendapatkannya menurut makanan setiap hari. Misalnya menggunakan menambahkan satu sendok teh daging merah pada setiap hidangan makannya dan pula sayuran hijau.

Daging merah bisa dihasilkan dari daging sapi cincang, daging kambing, hati sapi, dan hati ayam. Sedangkan zat besi menurut sayuran hijau mampu didapatkan berdasarkan brokoli dan bayam.

Baca Juga: Bagaimana Ciri-ciri Anak yg Kekurangan Zat Besi?2. Vitamin A

Foto: Louis Hansel @shotsoflouis – unsplash.com

Vitamin A merupakan nutrisi buat imun bayi & membangun sel darah putih buat menyerang kuman.

Menurut National Health Service, Vitamin A untuk bayi dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, membantu dalam menambah kualitas penglihatan, dan menjaga kulit agar tetap sehat.

“Vitamin A mempunyai peranan penting pada pembentukan serta pemeliharaan normal bagi jantung, ginjal, paru-paru, & organ penting lainnya,” jelas dr. Sherry Ross, pakar kesehatan perempuanpada Providence Saint John’s Health Center pada Santa Monica, California.

Buah jeruk dan sayuran (misalnya: wortel) adalah beberapa makanan yg kaya vitamin A.

Memberikan sepertiga ubi jalar dalam balita, jua telah bisa memenuhi kebutuhan vitamin A balita seharian.

Selain itu, Moms pula mampu mendapatkan vitamin A sebagai nutrisi buat imun bayi dari ikan & labu. Kandungan vitamin A dalam 100 gr labu bisa memberikan 170% berdasarkan kebutuhan vitamin A harian.tiga. Vitamin B6

Foto: Eiliv-Sonas Aceron – Unsplash.com

Roti dan pasta terigu utuh dan buah non-citrus (contohnya: pisang) jua merupakan makanan dengan kandungan nutrisi untuk imun bayi.

Vitamin B6 bisa mendukung sistem imun tubuh dengan menciptakan antibodi & membantu sel darah merah membawa oksigen waktu proses penyembuhan.

Baca Juga: Ini 10 Sumber Vitamin B6 Alami yang Aman untuk Kehamilan4. Vitamin C

Foto: Kelly Sikkema – Unsplash.com

Vitamin C adalah nutrisi untuk imun bayi yang diperlukan oleh sel darah putih buat melawan infeksi. Paprika, jeruk, dan butir kiwi kaya akan vitamin C.

Moms jua sanggup mencoba salad buah dengan jambu biji, stroberi dan kiwi. Jus jeruk juga kaya vitamin C, tetapi lebih baik memberikannya buah langsung.

“Akan ada lebih poly nutrisi yang didapat dengan mengonsumsi buah langsung, dibanding melalui juz atau suplemen,” tutur juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, Jennifer McDaniel, MS, RD, seperti dikutip dari webmd.com.5. Zinc

Foto: Natalie Rhea Riggs – Unsplash.com

Untuk menciptakan sel baru & enzim yang diperlukan buat mendukung sistem kekebalan tubuh & menyembuhkan luka, bayi membutuhkan zinc.

Menurut World Health Organization (WHO), jutaan orang pada global mungkin mempunyai kadar zinc yg nir mencukupi dalam kuliner mereka sehari-hari.

“Selain itu, zinc juga diperlukan sebagai fungsi kekebalan tubuh, mineral ini mampu membantu membekukan darah waktu terluka dan membantu mengatur gula darah pada tubuh,” istilah Amy Gorin, pemilik Nutrisi Amy Gorin di daerah New York City.

Tubuh bayi tidak dapat menyimpan nutrisi buat imun bayi ini, sehingga sangat krusial buat memasukkannya dalam setiap hidangan makan bayi.

Sumber kuliner menurut hewani, seperti daging, telur & produk susu, mengandung lebih poly zinc dibandingkan asal flora.

Baca Juga: Mau Tahu Apa Saja Makanan yang Mengandung Zinc?6. Probiotik

Foto: Aline Ponce – Pixabay.com

Nutrisi buat imun bayi yg tidak kalah krusial adalah probiotik. Nutrisi ini bermanfaat buat usus dan perut bayi, serta menyeimbangkan bakteri jelek untuk mendorong perkembangan sistem imun tubuh bayi.

Yoghurt alami kaya akan probiotik, sehingga menjadi pilihan yg tepat untuk memenuhi kebutuhan probiotik bayi. Berikan satu sendok teh yoghurt alami dalam bayi setiap hari.

Selain mampu didapatkan menurut yoghurt, Moms juga sanggup mendapatkan probiotik menurut pisang, bawang, kacang kedelai, dan asparagus.7. Omega 3

Foto: Caroline Attwood – Unsplash.com

Sifat anti inflamasi pada asam lemak omega 3 adalah nutrisi buat imun bayi pada melawan penyakit.

Menurut rekomendasi menurut World Health Organization (WHO), asupan ideal omega 3 buat balita bervariasi menurut usianya & kondisi tubuhnya, yaitu:Usia 6 bulan – dua tahun: 10 – 12 miligram DHA per kilogram berat badan per hari.Usia 2 – 4 tahun: 100 – 150 miligram DHA & EPA per hari.Usia 4 – 6 tahun: 150 – 200 miligram per hari.

Omega 3 nir diproduksi alami sang tubuh, maka dari itu Moms harus memenuhinya dari sumber eksternal. Minyak ikan mempunyai kandungan omega 3 yg tinggi & salmon merupakan pilihan jenis ikan yang kondusif buat bayi.

Baca Juga: Ketahui Perbedaan dan Manfaat Omega-3, 6, dan 9, Ini Sumber Makanannya

Itulah deretan kuliner yg kaya akan nutrisi buat imun bayi. Saatnya Moms memasukkan nutrisi ini pada sajian MPASI bayi selanjutnya ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *