15 Makanan Penambah Imun Anak Agar Permanen Sehat

Ajak anak mama mengonsumsi kuliner-kuliner ini supaya daya tahan tubuhnya bekerja lebih maksimal .

Sistem imun adalah salahsatu aset berharga yang dimiliki tubuh buat tetap berada pada syarat sehat dan fit.

Itulah mengapa imun tubuh anak-anak perlu dijaga apalagi ketika berada pada tengah pandemi Covid-19 & cuaca menggunakan curah hujan yg tinggi.  

Sistem imun berfungsi buat menjaga tubuh menurut agresi banyak sekali virus & bakteri termasuk membantu tubuh anak mama buat memulihkan diri waktu sakit. 

Ada banyak sekali macam cara yg bisa dilakukan buat menjaga fungsi dan peranan menurut sistem imun ini.

Salah satu cara yg paling sederhana adalah dengan mengonsumsi makanan-makanan yg mendukung kerja sistem imunitas tubuh. 

Popmama.com telah merangkum 12 makanan penambah imun anak. Yuk simak, Ma!1. Brokoli

Banyak anak-anak yg nir menyukai sayuran satu ini, padahal sebenarnya brokoli sangat berguna bagi tubuh si Kecil lho. Faktanya, brokoli mempunyai sejumlah vitamin & mineral yg berguna menaikkan imun tubuh. 

Sayur ini dilengkapi vitamin A, C, and E, jua serat dan antioksidan di dalamnya. Zat-zat ini berperan aktif pada menjaga kekebalan tubuh dan memerangi radikal bebas, menciptakan tubuh jadi nir mudah sakit. 

Oh ya, Mama sebaiknya menghidangkan brokoli menggunakan cara direbus. Cara ini merupakan cara terbaik menjaga manfaat zat dan vitamin yang terdapat dalam brokoli. dua. Bayam

Sayur-sayuran memang dikenal menjadi galat satu jenis makanan yg paling menyehatkan bagi tubuh. Selain brokoli, bayam pula termasuk sayuran yg mendukung pembentukkan imun tubuh. 

Sayur bayam bisa meningkatkan sistem imun lantaran kaya akan nutrisi, seperti; flavonoid, karotenoid, vitamin C, & vitamin E. Zat-zat tersebut bisa mendukung kerja sistem imun dalam tubuh. 3. Jahe

apabila membahas mengenai makanan yang menyehatkan bagi tubuh anak mama, cita rasanya sporadis sekali jahe terdapat pada luar hitungan. Makanan alami ini memiliki poly sekali manfaat & khasiat bagi tubuh. 

Jahe dapat membantu mengurangi inflamasi yang menurunkan penyakit inflamasi misalnya radang tenggorokan jua flu. Peradangan atau inflamasi ini sebenarnya dapat memperngaruhi respon imun tubuh. Itulah mengapa jahe bisa dikatakan berperan penting dalam menjaga kekebalan tubuh anak mama.4. Kiwi

Vitamin C adalah keliru satu zat yang sangat dibutuhkan oleh imun tubuh. Sebenarnya nir hanya jeruk, buah kiwi pula merupakan sumber vitamin C yg baik. 

Mengonsumsi kiwi yang kaya akan vitamin C dapat membantu mempertinggi fungsi menurut sistem imun anak. Sistem imun yg baik membantu anak-anak sembuh lebih cepat saat sakit, terutama dari flu. 5. Yoghurt

Anak mama pastinya sukameminum yoghurt, selain enak dan manis minuman ini jua sangatlah berkhasiat. Yoghurt sendiri dikenal kaya akan vitamin D yang membantu regulasi sistem imun tubuh jua menaikkan pertahanan alami tubuh ketika berhadapan dengan penyakit. 

Sebaiknya berikan anak-anak yoghurt tanpa rasa (plain) atau greek yoghurt yang dibentuk tanpa pemanis buatan. Pemanis buatan dalam yoghurt tidaklah baik bagi tubuh si Kecil karena mengandung gula secara berlebih. 

Di pada sebutir bluberi ternyata tersimpan banyak sekali zat yg berguna bagi tubuh. Bluberi mengandung flavonoid yg kaya akan antioksidan. Zat tersebut menjaga tubuh menurut penyakit, terutama batuk dan pilek. 

Antioksidan dalam bluberi pula dapat mempertinggi sistem imun tubuh anak. Mengutip menurut healthline.com, sebuah penelitian pada tahun 2016 mencatat bahwa flavonoid memainkan peranan yg penting dalam sistem pertahanan kekebalan saluran pernapasan.7. Almond

Siapa sangka, kacang-kacangan seperti almond ternyata bisa membantu meningkatkan imun tubuh. Pada dasarnya ini disebabkan oleh kandungan vitamin E yg ditemukan pada almond. 

Vitamin E artinya antioksidan alami pengganti vitamin C yang berfungsi menyehatkan sistem imun dan mencegah flu. Tidak hanya itu, almond juga dilengkapi menggunakan lemak sehat yg membantu penyerapan vitamin E terjadi lebih maksimal .  

Mengonsumsi 8-9 kacang almond dalam sehari bisa membantu mencukupi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.8. Tomat

Tomat adalah keliru satu kuliner yang baik dikonsumsi karena mempunyai konsentrasi vitamin C yang tinggi. Mengonsumsi tomat bisa membantu kerja sistem imun terutama ketika anak-anak sakit. 

Satu tomat yg ukuran sedang mengandung lebih berdasarkan 16 mg vitamin C yg merupakan bahan bakar yg baik untuk sistem imun tubuh anak. 

Mengutip berdasarkan eatthis.com, terdapat sebuah studi yang menandakan bahwa vitamin C pada tomat berperan menaruh kekuatan bagi 2 komponen primer sistem kekebalan tubuh. Kekurangan zat ini bisa menyebabkan sistem imun melemah & menurunkan resistensi tubuh terhadap penyakit. 9. Pepaya

Pepaya adalah buah lainnya yang memiliki khasiat bagi kerja sistem imun tubuh. Seperti tomat dan kiwi, pepaya pula memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, membuat buah ini membantu sistem pertahanan tubuh bekerja lebih baik. 

Berbeda menggunakan buah-buah lainnya, pepaya tidak hanya dikenal karena kandungan vitamin C-nya saja. Pepaya mengandung poly zat berguna lainnya, misalnya enzim pencernaan papain yg mempunyai imbas antiinflamasi, kandungan potasium, magnesium, jua folat yang bermanfaat bagi tubuh. 10. Ubi

Sebagai kuliner pengganti nasi, ubi mudah sekali ditemukan. Ada baiknya si Kecil mulai mencoba kuliner satu ini karena sangat bermanfaat bagi tubuhnya. 

Pada sebuah ubi ukuran sedang terdapat 120% dari kebutuhan vitamin A, & 30% berdasarkan kebutuhan vitamin C sehari-hari. Kedua vitamin tersebut sangatlah penting bagi sistem imun tubuh, juga buat kulit anak mama. Tidak hanya itu, ubi juga merupakan kuliner yg bebas kolesterol & bebas lemak, lengkap dengan kandungan serat yang tinggi.

Ada poly cara memasak ubi menjadi kuliner yang lezat, seperti dipanggang, digoreng, ataupun direbus.11. Semangka

Buah semangka umumnya dikenal menjadi makanan penutup yg penuh serat dan menyegarkan. Di samping itu, ternyata semangka mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk manfaat bagi sistem imun si Kecil. 

Semangka mengandung sejumlah zat yang dapat memperkuat sistem imun misalnya potasium, vitamin, dan vitamin C, pula vitamin B dan glutathione. Zat-zat ini sangat diperlukan oleh tubuh buat fungsi & kerja imun. 

Semangka pula mempunyai kandungan kalori yg rendah. Terdapat hanya lebih kurang 80 kalori pada dua cangkir semangka. 12. Salmon

Tidak hanya bermanfaat bagi otak si Kecil, ikan salmon jua ternyata memiliki khasiat bagi sistem imun tubuhnya. 

Salmon dipenuhi menggunakan kandungan zinc. Kandungan ini membantu menaikkan sistem imun tubuh si Kecil. Mengonsumsi ikan ini dapat membantu tubuh terhindar dari penyakit seperti pilek yg umum terjadi dalam anak-anak. 

Itu beliau 12 kuliner penambah imun anak. Mulai biasakan si Kecil mengonsumsi makanan-makanan ini ya agar tubuhnya selalu memiliki pertahanan yang baik ya Ma. 

Baca jua:15 Rekomendasi Makanan Mengandung Protein untuk AnakMakanan Bergizi buat Anak yang Kaya Vitamin dan Mineral buat AnakSeorang Balita Tewas Akibat Keracunan Makanan pada Pesta Pernikahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *