18 Kuliner Penambah Imun

Stay healthy! – Cuaca di Indonesia yang tidak menentu misalnya saat ini, sanggup mengakibatkan kita rentan terserang berbagai penyakit. Belakangan ini, endemi virus corona COVID-19 sudah hingga pada lebih berdasarkan 60 negara di dunia, termasuk Indonesia. Lantas, apa yg bisa kita lakukan? Menjaga kesehatan dan kebersihan, kuliner dan minuman juga wajibdijaga buat menaikkan kekebalan tubuh.

Berikut beberapa kuliner yg sanggup meningkatkan kekebalan tubuh:

Paprika merah

Paprika mengandung vitamin C dua kali lebih banyak daripada jeruk. Bermanfaat untuk menambah sistem imun dan kandungan vitamin C baik buat kulit. Kandungan betakaroten di dalamnya juga membantu kesehatan kulit & mata.

Buah jeruk

Buah jeruk dikenal menjadi butir yang tinggi akan vitamin C. Mengonsumsi vitamin C agar terhindar menurut kedinginan dan bisa menambah imun dalam tubuh. Vitamin C jua baik buat meningkatkan produksi sel darah putih. Beberapa butir yg tinggi vitamin C, yaitu lemon, limun, anggur, jeruk, jeruk keprok, & jenis jeruk lainnya.

Bawang putih

Bawang putih adalah bumbu dapur yg sering dipakai dalam aneka macam sajian. Bermanfaat buat memerangi infeksi, mempunyai khasiat antibakteri, dan antivirus yg bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dikutip berdasarkan National Center for Complementary and Integrative Health Trusted Source, bawang putih sanggup menurunkan tekanan darah & memperlambat pengerasan dalam pembulu darah.

Selain itu, bawang putih juga mengandung antioksidan tinggi, fosfor, seng, potasium, & kalsium. Mampu memperkuat sistem pernapasan dan menambah sel darah putih. Dengan mengonsumsi bawang putih mentah sebelum tidur, ampuh membunuh kuman penyebab penyakit, seperti batuk, pilek, dan radang tenggorokan.

Bawang bombai

Masih satu famili dengan bawang putih, bawang bombai mampu menaikkan imun tubuh. Mengandung vitamin, zat besi, fosfor, & aneka macam senyawa lain yang mampu mengatasi beragam konflik pada tubuh.

Riset dari R. Akrami, Effects of Dietary Onon (Allium Cepa) Powder On Growth, Innate Immune Response and Hemato Biochemical Paramters of Belugam Fish & Shellfish Immunology, menampakan bahwa serbuk bawang bombai dapat menjadi peningkat dalam pertumbuhan, parameter hematologi, & fungsi kekebalan tubuh remaja.

Cara mengonsumsi bawang bombai dapat dicampurkan ke pada salad sayur, masakan yang ditumis, sup ayam bawang bombai, dsb.

Brokoli

Sayuran ini mengandung poly vitamin & mineral. Ada vitamin A, vitamin C, vitamin D, & antioksidan.

Jahe

Jahe mampu menurunkan inflamasi, berguna buat meredakan sakit dalam tenggorokan & penyakit radang lainnya. Bumbu dapur ini jua sanggup membantu mengurangi mual.

Bayam

Bayam termasuk dalam sayuran yg kaya menggunakan sistem kekebalan tubuh. Kandungan betakaroten dan antioksidan, bisa menambah imun tubuh.

Jamur

WHO menjelaskan mengenai daging harus dimasak sampai matang. Nah, fungi mampu sebagai cara lainpengganti rasa daging yang nikmat. Khususnya bagi vegetarian atau vegan. Jamur yg diolah umumnya memberi rasa seperti ayam kecap atau daging.

Jamur bersifat antimikroba dan antiviral, dan mengandung potasium. Jamur sangat baik bagi tubuh, meningkatkan kecepatan metabolisme, menjaga ekuilibrium tekanan darah, & menjaga sistem kekebalan tubuh.

Yoghurt

Yoghurt bermanfaat buat melawan penyakit dan merangsang sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin D di dalamnya sanggup membantu menaikkan pertahanan tubuh terhadap penyakit.

Kacang almond

Kacang almond baik dikonsumsi, karena bisa mencegah & melawan flu. Mengandung vitamin C, vitamin E, dan memiliki manfaat yaitu mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kunyit

Termasuk rempah-rempah yang dipakai buat mengobati osteoartritis dan artritis reumatoid. Siapa sangka bahwa kunyit mmapu buat menaikkan kekebalan tubuh?

Pepaya

Pepaya mengandung banyak vitamin C yg berguna bagi tubuh. Mengandung enzim pencernaan yaitu papain yang mempunyai impak anti-inflamasi. Pepaya jua kaya akan kalium, vitamin B, & folat.

Teh hijau

Teh hijau atau teh hitam kaya akan antioksidan. Memiliki kadar antioksidan tinggi yang baik buat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Kerang

Pasti diantara kalian tidak percaya? Ternyata, beberapa jenis kerang mampu menaikkan sistem kekebalan tubuh yang mengandung seng. Seng diperlukan sang tubuh, seperti vitamin dan mineral diperlukan buat sel kekebalan tubuh.

Buah kiwi

Kiwi megandung beberapa nutrisi yang baik bagi tubuh, seperti folat, potasium, dan vitamin K. Vitamin C yg terkandung pada kiwi juga membantu menaikkan sel darah putih buat melawan infeksi.

Daging ayam

Sup ayam hangat dianggap bisa membantu mencegah tanda-tanda flu & melindungi menurut sakit. Selain ayam, kalkun juga baik dikonsumsi. Ayam mengandung B6 yang mempunyai poly peran pada beberapa rekasi kimia yg terjadi pada tubuh. Ini diperlukan buat pembentukan sel darah merah yg abru dan sehat.

Biji bunga surya

Biji bunga surya mengandung fosfor, vitamin B6, vitamin E, dan magnesium. Vitamin E sanggup memelihara fungsi sistem kekebalan tubuh. Makanan lain yg tinggi vitamin E yaitu alpukat & sayuran berdaun gelap.

Madu

Madu tinggi akan antioksidan yg baik buat meredakan batuk, menjaga tenggorokan supaya tidak kering, & menghilangkan dahak. Madu jua berperan pada menenangkan sistem saraf, mengatur kadar kolesterol pada darah, & mampu menjaga sistem kekebalan tubuh.

Itulah 18 makanan yang mampu menambah imun dalam tubuh. Semoga bermanfaat. Selalu jaga kesehatan pada tengah-tengah kegiatan yg padat & cuaca yg ekstrim saat ini!

Alodokter , CNNIndonesia , Merdeka , Tempo , Tribunnews , 

Cleveland Clinic (2016). tiga Vitamins That Are Best for Boosting Your Immunity.

Berkeley Wellness (2018). University of California. Antioxidants and Free Radicals.

White, L. B. Everyday Health (2016). 10 Simple and Natural Ways to Boost Your Immune System.

Wong, C. Very Well Fit (2018). Noni Juice Benefits and Uses: What Should I Know About It?

Wong, C. Very Well Fit (2018). The Health Benefits of Phyllanthus.

Bacher, R. Web MD (2013). Myths vs. Facts About Your Immune System.

Web MD. Vitamins & Supplements: Noni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *