10 Makanan Penambah Imun Tubuh Supaya Permanen Sehat Di Masa Pandemi

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan penambah imun tubuh.

Imunitas tubuh bisa ditingkatkan dengan majemuk cara, mulai berdasarkan menerapkan pola hidup sehat seperti rutin menjaga kebersihan, rajin berolahraga, hingga mengonsumsi makanan yg kaya akan nilai gizi.

Lewat asupan kuliner, imun kita mampu ditingkatkan sebagai akibatnya tubuh tidak mudah terjangkit penyakit. Selain mampu menaikkan imunitas tubuh, asupan makanan kaya gizi juga mampu bermanfaat bagi kesehatan tubuh lainnya.

Baca Juga: Ketahui Manfaat dan Olahan Timun Suri yang Menyehatkan TubuhMakanan Penambah Imun Tubuh

Sebenarnya ada banyak kuliner penambah imun tubuh yang sanggup Moms konsumsi. Dilansir menurut situs healthline.com, terdapat beberapa kuliner penambah imun tubuh yg sanggup dikonsumsi sehari-hari, yaitu:1. Buah Jeruk

Foto: englishtipsforyou.wordpress.com

Buah jeruk sebagai salahsatu kuliner penambah imun tubuh yang bisa rutin dikonsumsi setiap harinya.

Dalam butir jeruk terdapat kandungan vitamin C yg mampu melindungi tubuh kita dari majemuk jenis penyakit, seperti flu. Vitamin C dalam jeruk bisa menaikkan produksi sel darah putih yang berfungsi buat melawan virus & bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

Jeruk ini ada poly jenisnya sehingga Moms mampu bergantian menyantapnya sehari-harinya.

Beberapa jenis jeruk yang bisa dikonsumsi merupakan jeruk bali, jeruk keprok, jeruk sunkist, jeruk mandarin, hingga jeruk medan. Jeruk-jeruk ini sanggup langsung dikonsumsi.

Sementara buat jeruk lemon dan jeruk nipis, Moms mampu menjadikannya adonan dalam minuman seperti dijadikan infused water atau adonan pada minuman teh.

Setiap harinya, perempuanmembutuhkan vitamin C sebesar 75 mg, sedangkan untuk laki-lakidiharapkan vitamin C sebesar 90 mg.

Baca Juga: 5+ Manfaat Mandi Malam buat Kesehatan, Salah Satunya Meningkatkan Sistem Imun!dua. Blueberry

Blueberry dikenal sangat indah dikonsumsi buat kesehatan menjadi makanan penambah imun tubuh.

Di dalam blueberry masih ada kandungan flavonoid yang berfungsi menjadi antioksidan alami yang bisa menaikkan daya tahan tubuh.

Menurut jurnal Effect of Flavonoids on Upper Respiratory Tract Infections and Immune Function yang diterbitkan pada tahun 2016, flavonoid juga sanggup membantu menyehatkan genre darah, pernafasan, & mencegah penyakit flu.

Konsumsi butir blueberry lebih kurang 50-100 gr per harinya secara rutin dan Moms sanggup mencicipi manfaatnya.3. Sayuran Hijau

Foto: blog.mybalancemeals.com

Sayuran hijau sangat cantik dikonsumsi sehari-hari menjadi tambahan kuliner penambah imun tubuh. Sayuran hijau memiliki kandungan vitamin A, E, C, antioksidan, beta karoten, dan flavonoid.

Jenis sayuran hijau yang rupawan dikonsumsi sang Moms buat makanan penambah imun tubuh merupakan brokoli.

Menurut jurnal Effects of Different Cooking Methods on Health-promoting Compounds of Broccoli, sayuran hijau ini memiliki kandungan vitamin C yg cukup tinggi. Setiap 100 gram brokoli mengandung setidaknya 89 mg vitamin C di dalamnya.

Selain brokoli, sayuran hijau yang jua indah dikonsumsi menjadi kuliner penambah imun merupakan bayam. Tak jauh tidak sama dengan brokoli, bayam juga mengandung vitamin C yang relatif tinggi. Dalam 100 gr bayam masih ada 80 mg vitamin C.

Untuk menerima nutrisi yang lengkap berdasarkan ke 2 sayuran hijau ini, Moms wajibmematangkannya sementara waktu saja. Jika dikukus atau direbus, usahakan jangan memasaknya terlalu usang karena semakin usang sayuran hijau ini dimasak, maka semakin hilang kandungan vitamin yang ada pada dalamnya.

Disarankan buat hanya memasak brokoli atau bayam selama lebih kurang 2-tiga mnt saja supaya kandungan vitamin yang terdapat di dalamnya tidak terbuang.

Baca Juga: Begini Cara Sistem Imun Kita Melawan dalam Bakteri & Virus pada Tubuh, Luar Biasa!4. Kacang Almond

Foto: www.thedailymeal.com

Kacang almond jua cantik dikonsumsi sebagai kuliner penambah imun tubuh.

Menurut jurnal A Nutrition and Health Perspective on Almonds, kacang almond mengandung poly sekali vitamin E di dalamnya. Vitamin E sendiri sangat berguna buat menjaga daya tahan tubuh sebagai akibatnya Moms nir mudah sakit.

Selain itu, kacang almond pula mengandung magnesium, fosfor, vitamin C, dan antioksidan yg rupawan buat kesehatan daya tahan tubuh.

Konsumsi kacang almond kurang lebih 15 mg per hari agar bisa menerima kandungan vitamin E yg relatif per harinya.

Selain kacang almond, jenis kacang-kacangan lain sebenarnya pula cantik dikonsumsi buat menaikkan daya tahan tubuh misalnya kacang walnut, kenari, sampai edamame. Hanya saja, kandungan pada kacang almond jauh lebih akbar dibandingkan jenis kacang-kacangan lainnya.5. Yoghurt

Makanan penambah imun tubuh selanjutnya adalah yoghurt. Yoghurt adalah kuliner hasil fermentasi berdasarkan susu yang memiliki karakteristik khas cita rasanya yg agak asam. Yoghurt mengandung vitamin D yang tinggi sehingga sanggup menaikkan daya tahan tubuh Moms.

Moms sanggup mengonsumsi yoghurt dalam bentuk minuman atau frozen alias dijadikan froyo (frozen yoghurt) yg nantinya bisa ditambahkan dengan rabat buah-buahan segar sebagai akibatnya bisa menambah kandungan nilai gizi pada dalamnya.

Buah-buahan yang mampu dijadikan campuran pada froyo merupakan strawberry, kiwi, jeruk, mangga, peach, hingga leci.

Jika ingin memilih yoghurt, lebih baik pilih yang plain karena kandungan gula pada dalamnya rendah sebagai akibatnya lebih bagus buat kesehatan tubuh.

Baca Juga: 9+ Manfaat Vitamin D buat Kesehatan Tubuh, Bisa Meningkatkan Imun Tubuh lho!6. Bawang Putih

Bawang putih tidak hanya bisa melezatkan masakan saja, tetapi juga sanggup sebagai salahsatu kuliner penambah imun tubuh. Bawang putih telah sangat dikenal memiliki kandungan anti oksidan yg bagus buat tubuh.

Bawang putih juga sangat berguna buat meredakan penyakit flu. Hal ini diperkuat dari jurnal yang berjudul Prevention and Treatment of the Common Cold: Making Sense of the Evidence, orang yang mengonsumsi bawang putih secara rutin setiap harinya akan menciptakan imun tubuhnya semakin tinggi sebagai akibatnya penyakit flu yg diderita akan cepat sembuh.

Bawang putih memiliki kemampuan buat melawan & membunuh bakteri dan virus yg ada pada tubuh sebagai akibatnya imunitas tubuh kita sanggup lebih meningkat dikarenakan berkurangnya bakteri yang terdapat pada tubuh.7. Kunyit

Di Indonesia, kunyit sangat dikenal menjadi salahsatu rempah yang banyak digunakan pada segala macam jenis masakan tradisional.

Selain sebagai bumbu rempah dalam masakan, kunyit ternyata pula mampu digunakan menjadi kuliner penambah imun tubuh. Dalam kunyit juga terdapat kandungan anti inflamasi yang mampu mengobati peradangan dalam tubuh.

Dari data yang terdapat dalam jurnal Curcumin: A Review of Its’ Effects on Human Health, kunyit juga masih ada kandungan antioksidan sebagai akibatnya mampu menangkal radikal bebas.

Moms mampu menambahkan kunyit pada kuliner yang dibentuk atau mampu juga menjadikannya minuman jamu tradisional untuk diminum setiap hari.

Baca Juga: 7 Manfaat Ubi Jalar bagi Kesehatan, Salah Satunya buat Tingkatkan Imunitas8. Jahe

Selain kunyit, terdapat jahe yg jua kita ketahui menjadi bumbu rempah yang seringkali dijumpai sebagai adonan jamu tradisional.

Dari sebuah jurnal yg berjudul The Effect of Ginger Supplementation on Lipid Profile, jahe pula mengandung sifat anti inflamasi & anti oksidan.

Jahe mempunyai manfaat mampu meredakan sakit kepala, mengurangi sakit radang tenggorokan, menyembuhkan batuk, meredakan kolesterol, sampai menurunkan risiko penyakit kronis lainnya.9. Biji Bunga Matahari

Suka ngemil? Sebaiknya mulai sekarang Moms mengganti sajian camilan menggunakan biji bunga matahari.

Biji bunga mentaritermasuk salahsatu makanan penambah imun tubuh lantaran di dalamnya masih ada kandungan vitamin B-6, vitamin E, fosfor, magnesium, dan jua antioksidan yg bisa melawan bakteri & virus.

Dalam jurnal Role of Vitamins D, E and C in Immunity and Inflammation sudah dijelaskan jikalau vitamin E sangat cantik buat menaikkan daya tahan tubuh. Selain itu, biji bunga surya jua mengandung selenium yang relatif tinggi.

Moms relatif mengonsumsi lebih kurang 50 gr biji bunga matahari saja setiap harinya buat menerima manfaat dari makanan ini.

Baca Juga: 9 Dampak Kelebihan Vitamin C pada Tubuh, Wajib Tahu!10. Dark Chocolate

Foto: www.bienmanger.com

Makanan penambah imun tubuh yang terakhir merupakan dark chocolate alias cokelat hitam. Cokelat hitam ini tak hanya cocok dijadikan menjadi olahan dessert namun pula berfungsi menjadi kuliner penambah imun tubuh.

Dalam sebuah jurnal berjudul The Relevance of Theobromine for the Beneficial Effects of Cocoa Consumption, dalam cokelat hitam masih ada kandungan antioksidan yg bernama theobromine yang ternyata mampu berfungsi buat menaikkan imun dalam tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *