6 Jenis Makanan Penambah Imun Yang Sanggup Mencegah Corona

Halodoc, Jakarta – Lebih dari waktu-saat sebelumnya, menjaga imunitas tubuh krusial selama masa pandemi COVID-19. Nah, salahsatu cara paling baik buat menjaga tubuh tetap sehat adalah dengan menerapkan pola makan bergizi.

Mengonsumsi kuliner bergizi sanggup membantu sistem kekebalan tubuh buat berfungsi secara optimal. Dengan mempunyai sistem kekebalan tubuh yg sehat, engkaubisa terlindungi menurut banyak sekali macam penyakit, termasuk dari virus corona atau COVID-19. Nah, selama menunggu vaksin corona diberikan, terdapat beberapa kuliner yg sanggup memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Berikut ini jenis kuliner penambah imun untuk mencegah corona:

Selama masa pandemi, para ahli & dokter menganjurkan masyarakat buat mencuci tangan dengan sabun atau memakai hand sanitizer berbasis alkohol secara teratur buat memastikan kebersihan tangan. Meskipun hand sanitizer mampu menghilangkan kuman, akan tetapi mereka pula mampu menghilangkan bakteri baik yang penting buat membangun kekebalan tubuh.

Nah, yoghurt merupakan makanan yang mengandung probiotik alami yang sanggup membantu pembentukan bakteri baik pada tubuh engkau . Carilah yoghurt yg terdapat goresan pena “kultur hidup & aktif dalam labelnya, misalnya yoghurt Yunani. Kultur ini bisa merangsang sistem kekebalan tubuh kamu buat membantu melawan penyakit. 

Pilihlah yoghurt tanpa rasa daripada yoghurt yang diberi rasa & kaya akan gula. Kamu mampu menciptakan yoghurt tawar engkaumenjadi cantik menggunakan buah-buahan sehat dan sedikit madu.

Rempah-rempah berwarna kuning ini dikenal akan sifat antioksidan & antiinflamasi. Inilah mengapa kunyit sudah dipakai selama bertahun-tahun buat mengobati penyakit dampak peradangan, misalnya osteoarthritis & rheumatoid arthritis. 

Kurkumin, senyawa yg memberi rona khas dalam kunyit adalah agen yang sangat manjur buat membantu penyembuhan luka dan infeksi. Senyawa tersebut membantu mengurangi kerusakan otot dampak berolahraga. Berdasarkan temuan berdasarkan penelitian dalam fauna, kurkumin bisa memperkuat kekebalan tubuh dan memiliki sifat antivirus. Tetapi, hal itu masih memerlukan lebih banyak penelitian. 

Baca jua: Sering Dipakai Masak, Apa Manfaat Kunyit bagi Kesehatan?

Tidak hanya bisa menambah kelezatan makanan, bawang putih pula merupakan kuliner anti-virus alami yang mampu memberikan proteksi dari flu musiman. Selain itu, konsentrasi tinggi akan senyawa yg mengandung sulfur, misalnya allicin, juga membuat bawang putih mampu membantu menambah kekebalan tubuh. 

Baca jua: Benarkah Bawang Putih Dapat Membersihkan Paru-Paru?

Saat sedang mengalami flu, kamu mungkin acapkali dinasehati buat memperbanyak mengonsumsi vitamin C. Vitamin tadi membantu membentuk sistem kekebalan tubuh engkau . Orang yg sudah terinfeksi COVID-19 kadang-kadang pula diberikan vitamin C melalui intravena.

Nah, vitamin C mampu ditemukan pada hampir seluruh butir-buahan asam, seperti jeruk, jeruk nipis, jeruk lemon, & grapefruit. Namun, lantaran tubuh tidak mampu menghasilkan atau menyimpannya, kamu perlu mengonsumsi vitamin C setiap hari buat menjaga kesehatan tubuh. Jumlah harian yg direkomendasikan buat perempuandewasa merupakan 75 miligram, & 90 miligram buat pria dewasa.

Baca pula: Selain Vitamin C, Ini 5 Vitamin buat Tingkatkan Imun

Biji bunga surya kaya nutrisi, termasuk fosfor, magnesium, dan vitamin B6 & E. Vitamin E penting pada mengatur dan memelihara fungsi sistem kekebalan. Nutrisi tersebut juga bekerja sebagai antioksidan yang sanggup menetralisir radikal bebas. Selain biji bunga mentari , kuliner lain yang pula kaya akan vitamin E, yaitu alpukat dan sayuran berdaun hijau gelap.

Biji bunga matahari juga mengandung selenium yg sangat tinggi. Berbagai penelitian yang kebanyakan dilakukan dalam hewan, menemukan bahwa nutrisi tadi sanggup melawan infeksi virus, misalnya flu babi (H1N1).

Kerang mungkin bukan makanan yg terpikirkan sang engkauketika ingin menaikkan sistem kekebalan tubuh, tapi beberapa jenis kerang mengandung seng. Meskipun tidak sepopuler vitamin dan mineral lainnya, seng berperan penting pada membantu sel kekebalan agar sanggup berfungsi sebagaimana mestinya.

Beberapa jenis kerang yang kaya seng, antara lain tiram, kerang, kepiting, & lobster. Seng pula bisa ditemukan dalam kuliner, seperti kacang mete, buncis, dan lain-lain.

Nah, itulah beberapa jenis makanan yang sanggup kamu konsumsi buat menambah imun, sebagai akibatnya mampu terhindar menurut penyakit COVID-19. Jika engkausakit atau mengalami tanda-tanda kesehatan eksklusif, jangan panik dulu lantaran belum tentu itu gejala COVID-19.

Kamu sanggup memeriksakan diri ke dokter di rumah sakit pilihan engkauuntuk memastikan diagnosis dengan buat janji lewat pelaksanaan Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang pula.

Referensi:Swasth India. Diakses pada 2021. Coronavirus Outbreak: 5 Foods Items To Boost Your Immunity And Safeguard You From Infections.Healthline. Diakses pada 2021. 15 Foods That Boost the Immune System.UC Davis Health. Diakses pada 2021. lima immune boosters to help keep you healthy amid COVID-19 outbreak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *