Konsumsi Majemuk Makanan Tingkatkan Sistem Imun Melawan Corona

Seiring munculnya kekhawatiran pada COVID-19 yang kinisebagai pandemi, sebagian orang hanya penekanan pada kuliner-kuliner sehat yang mampu menaikkan sistem kekebalan tubuh demi melawan penyakit akibat virus corona baru itu.

Sistem imun tubuh adalah jaringan kompleks sel-sel, organ & jaringan yg berkerja berbarengan buat melindungi tubuh menurut infeksi.

Kuman-kuman yang terpapar pada kita, jua faktor gaya hidup seperti stres, pola makan dan kegiatan fisik, semuanya memainkan kiprah buat menguatkan sistem kekebalan tubuh. Jadi bukan hanya kuliner semata.

Tidak ada pil ajaib atau kuliner eksklusif yg mendukung sistem kekebalan tubuh Anda melawan virus corona baru. Perlu terdapat kombinasi cara buat memberi kesempatan sistem kekebalan tubuh Anda bekerja menghadapi penyakit-penyakit saluran pernapasan.

Khawatir terkena COVID-19, ditambah takut kekurangan bahan pangan mampu menambah kadar stres. Ingatlah, stres sanggup menciptakan Anda lebih rentan menderita penyakit pernapasan.

Seri studi lebih menurut 20 tahun yg dilakukan peneliti Carnegie Mellon University memberitahuakn, orang yg lebih rendah kadar stresnya lebih kecil kemungkinannya menyebarkan tanda-tanda flu.

Selain itu, studi menurut Ohio State University memberitahuakn, pasangan suami istri yang sering bertengkar atau frekuensinya tinggi, lebih lamasembuh berdasarkan luka.

Pesan penting pada sini, tubuh Anda sanggup bekerja lebih baik melawan penyakit termasuk menyembuhkan luka ketika nir terkena stres. Mempelajari teknik manajemen stres, contohnya mengatur napas atau berkonsultasi dalam pakar terapi sanggup menjadi alternatif membantu sistem imun permanen kuat.

Kurang tidur mampu berakibat sistem kekebalan tubuh tidak bekerja menggunakan baik. Dalam satu penelitian, para peneliti menemukan orang yang kurang tidur–kurang dari enam jam semalam – berpeluang 4,dua kali lebih tinggi terkena flu dibandingkan menggunakan mereka yang tidur lebih berdasarkan tujuh jam. Risiko bahkan lebih tinggi dalam orang yang tidur kurang menurut 5 jam semalam.

Sebaiknya, ikuti jadwal tidur & bangun pagi secara teratur. Hindari paparan layar, makan malam & berolahraga tepat sebelum tidur.

Sejumlah studi memperlihatkan, vitamin D sanggup membantu tubuh melawan penyakit pernapasan & berbagai virus. Tubuh membutuhkan vitamin D yg cukup buat membuat protein antimikroba yg membunuh virus & bakteri.

Tetapi vitamin ini tidak bermanfaat jika Anda terlanjur terpapar virus. Vitamin D mampu mengurangi keparahan penyakit & membantu Anda pulih lebih cepat.

“apabila Anda nir mempunyai cukup vitamin D, tubuh Anda kurang memproduksi protein ini dan lebih rentan terhadap infeksi,” kata Dr. Adit Ginde, profesor kedokteran di Fakultas Kedokteran Universitas Colorado misalnya dilansir New York Times.

Tidak terdapat rekomendasi klinis jumlah konsumsi vitamin D buat kesehatan kekebalan tubuh. Namun, rekomendasi standar buat kesehatan tulang ialah 600-800 unit internasional per hari.

Vitamin D bisa ditemukan pada ikan berlemak, seperti salmon, susu atau makanan yg diperkaya dengan vitamin D.

Bukan satu kuliner khusus akan tetapi kombinasi diet berimbang dan olahraga

Diet sehat dan olahraga krusial buat menjaga kekuatan sistem kekebalan tubuh. Tidak ada kuliner khusus atau obat herbal tertentu buat sistem menguatkan sistem imun melawan penyakit.

“apabila terpapar virus corona, nir peduli berapa poly jeruk yg Anda makan, Anda akan terkena (penyakit),” istilah Dr. Caroline Apovian, Direktur Director of the Nutrition and Weight Management Center at Boston Medical Center kepada Business Insider.

Memang benar kekurangan gizi bisa merusak kemampuan Anda buat melawan penyakit & infeksi, namun jika Anda makan makanan yg seimbang, makanan “super” misalnya kale, buah beri, atau apa pun tidak akan menaruh manfaat tambahan.

Jadi, bila Anda nir terbiasa makan majemuk buah, sayuran, & makanan sumber protein, kinimerupakan saat yang tepat buat memulai mengonsumsinya.

Mengikuti saran diet yg masuk akal telah relatif buat menjaga sistem kekebalan tubuh Anda pada kondisi yg baik, nir perlu kuliner super, dari Apovian.

Sebuah resep yg tersebar pada media umum menjamin air rebusan bawang putih mampu membantu menaikkan kekuatan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, jahe, buah jeruk, kunyit sampai kaldu tulang juga diklaim memperlihatkan manfaat serupa.

Sebuah penelitian dalam tahun 2000 menampakan makan sup ayam sepertinya mengurangi tanda-tanda infeksi saluran pernapasan permukaan. Walau begitu, bukit kuat tentang hal ini masih kurang.

Selain itu, terdapat studi yg memberitahuakn bawang putih dapat menaikkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Suplemen dan tablet hisap mengandung seng pula diklaim sanggup melawan pilek & penyakit pernapasan. Beberapa penelitian telah menemukan tablet hisap seng dapat mengurangi durasi pilek lebih kurang satu hari dan mengurangi jumlah infeksi saluran pernapasan atas pada anak-anak.

Jika Anda telah memiliki relatif seng berdasarkan makanan Anda, apakah mengonsumsi suplemen bisa membantu. Di sisi lain, suplemen seng umumnya menyebabkan mual.

Pesan penting pada sini, nir ada salahnya memasukkan kuliner-kuliner yg dianggap-sebut sebagai penambah kekebalan tubuh tadi ke pada menu diet Anda.

Namun, pastikan Anda nir mengabaikan saran kesehatan yang telah terbukti – seperti mencuci tangan & nir menyentuh paras Anda – buat melindungi diri Anda dari penyakit virus termasuk COVID-19.(ANT/ISS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *