Daftar Makanan Bernutrisi Buat Menambah Imun Perempuan Usia 40-an

Jakarta (ANTARA) – Seiring bertambahnya usia, wanita mengalami perlambatan metabolisme dan tubuh mereka pula kehilangan massa otot serta perubahan fisik terkait menopause.

Hal itu membuat perempuanparuh baya lebih rentan mengalami peningkatan berat badan, perubahan suasana hati, dan kasus kesehatan lainnya.

Pakar kebugaran dan gizi serta Vice President Vitabiotics Ltd, Rohit Shelatkar menyampaikan pada usia 40-an tahun perempuanmengalami perubahan yang signifikan. Oleh karenanya diperlukan nutrisi ekstra, pola makan sehat dan olahraga teratur buat menaikkan kesehatan secara keseluruhan.

“Menghindari rokok & minuman memabukan dapat meringankan tanda-tanda menopause. Selain itu, menghindari kuliner pedas, gorengan juga disarankan,” ujar Shelatkar dilansir Indian Express, Senin.

Untuk meningkatkan kesehatan wanita yang memasuki usia 40-an, berikut adalah merupakan daftar kuliner bernutrisi tinggi.

Baca pula: Berikut sejumlah tips tingkatkan imun tubuh oleh Satgas COVID-19 Kalteng

Chia seeds atau biji chia

Biji chia dikemas menggunakan serat, asam lemak omega tiga dan magnesium buat kesehatan tulang & protein botani yang lengkap. Lantaran mereka menyerap udara dengan sangat baik, mengonsumsi biji chia bisa membantu menaruh rasa kenyang & mengurangi rasa lapar. Biji chia bisa dibubuhi ke smoothie di pagi hari atau oatmeal buat menaikkan nilai gizi makanan.

Jeruk, jeruk bali, lemon & jeruk nipis kaya antioksidan, serat, vitamin C, dan nutrisi lain yang menurut penelitian sudah terbukti menaikkan kesehatan otak, membantu menurunkan berat badan, melindungi jantung & menjaga kulit permanen bercahaya.

Telur kaya vitamin D & penuh zat besi, telur jua merupakan sumber protein yang cantik buat perempuanmenopause dan menampakan penurunan risiko penyakit jantung serta obesitas. Kandungan lemak sedang & protein tinggi, ditambah sedikitnya jumlah karbohidrat & gula, berakibat telur pilihan yang sangat baik buat perempuanpada atas 40 tahun.

Baca pula: Benarkah diet pescatarian mampu sebabkan imun turun?

Lemak sehat yang ditemukan dalam ikan berminyak seperti salmon dan trout harus dikonsumsi setiap hari. Makanan ini membantu memproduksi hormon yang dibutuhkan dalam tubuh perempuan.

Mereka pula mendukung kesehatan otak, jantung, & sendi. Makanan dengan lemak sehat jua membantu menjaga perut permanen kenyang lebih usang. Asam lemak omega tiga yg ditemukan dalam ikan berminyak pula dapat membantu mengurangi tanda-tanda menopause misalnya hot flushes dan keringat pada malam hari.

Kacang menjadi camilan mengenyangkan yg bisa membantu menurunkan berat badan lantaran kaya serat, memiliki lemak sehat, dan protein pada jumlah yg tinggi.

Dikemas dengan vitamin A, wortel membantu menjaga kulit permanen halus & penglihatan tajam. Sayuran mengandung serat & memiliki bahan aktif yg membantu melawan flek hitam, kerutan, & jerawat.

Baca pula: Waktu terbaik minum air putih buat tingkatkan imun tubuh

Apel dikenal membantu menurunkan penyerapan lemak makanan berlebih sang tubuh. Hal ini jua membantu seseorang merasa kenyang lebih lama. Selain itu, apel membantu kasus yang herbi jantung.

Yogurt merupakan asal kalsium yg sangat baik dan kaya akan protein. Ini adalah camilan yg paripurna buat membuat mereka kenyang & berenergi. Ditambah lagi, yogurt mempunyai kultur aktif yang mendukung kesehatan usus.

Shelatkar juga menyampaikan banyak wanita merasa bahwa menurunkan berat badan sehabis usia 40 tahun itu sulit dan hampir mustahil. Namun, ini hanyalah mitos & setiap wanita harus ingat bahwa dengan jenis diet & olahraga yg sempurna, sangat mungkin buat menurunkan berat badan & menaikkan kesehatan secara holistik.

Baca juga: Benarkah jaga imun tak harus konsumsi multivitamin takaran tinggi?

Baca pula: Selain sembelit, ini tanda sistem imun tubuh melemah

Baca pula: Dua vitamin yg diharapkan tubuh untuk jaga sistem imun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *